Brosis
pasti tahu motor penerus YZR 500 yang memasuki masa pensiun setelah bertugas
selama 29 tahun di arena balap roda dua kelas premier? Ya, karena regulasi baru MotoGP yang
mengharuskan perubahan langkah dapur pacu dari 2 tak menjadi 4 tak melahirkan medium
baru yang kelak menjadikan pembalap Yamaha raja lintasan: Yamaha
YZR-M1.
YZR-M1
generasi pertama perdana muncul pada tahun 2002, yang merupakan singkatan dari
“Mission One” dirancang dengan arm yang lebih panjang dengan sumbu roda yang
lebih pendek, motor ini diciptakan dengan mesin yang memiliki sistem manajemen
elektronik untuk membantu pembalap ketika melakukan pengereman. Sistem injeksi
juga diganti dengan Idle Control System (ICS).
Pada
tahun 2004 YZR-M1 memulai evolusi pertamanya yang luar biasa ketika duo Valentino Rossi dan sang kepala
mekanik Jeremy Burgess mulai bekerjasama dengan Yamaha. Pengembangan sistem
pengereman dan keseimbangan menjadi lebih baik saat perpindahan gigi. Bahkan
mereka juga memiliki ide untuk memodifikasi mesin dan memperbaiki torsi mesin.
Yamaha mengubah jumlah katup per-silinder dari lima katup menjadi empat katup
dan menempakan mesin yang membuat pembalap mudah mengendalikan motor saat
tikungan.
Dengan dirubahnya kapasitas mesin motoGP dari 990cc menjadi 800cc pada tahun
2007, membuat YZR-M1 kembali mengalami perubahan. Kali ini lebih berfokus
kepada
kecepatan untuk cornering dan aerodinamika yang lebih baik. Dengan berat mesin
kurang lebih 3kg, handlingnya menjadi sangat bagus dengan pengereman yang baik
dan traksi ban.
Pada
tahun 2012, regulasi kembali berubah untuk menggunakan mesin 1000cc lagi.
YZR-M1 pun kembali pembengkakan mesin mengikuti regulasi terbaru. YZR-M1 1000cc dibuat dengan
bobot lebih berat di depan, berukuran lebih kecil, namun bertenaga lebih besar.
Terdapat juga kontrol lompat, kontrol traksi, dan kontrol gelincir yang
dilakukan dengan membuat irama akselerasi lebih linier. Dilansir ia memiliki
kecepatan rata-rata lebih tinggi 11 km/jam dibandingkan versi 800cc.
Pengembangan
YZR-M1 terus berlangsung hingga sekarang dan ia telah berjasa membawa ‘The
Doctor’ Valentino Rossi menjadi juara MotoGP sebanyak empat kali pada tahun 2004, 2005, 2008 dan 2009. Apakah
sang raja lintasan yang terus berevolusi akan menambah catatan kemenangan Rossi
hingga ia menjadi pembalap dengan sepuluh kali menang?
0 komentar:
Posting Komentar