Rabu, 10 Agustus 2016

Tetap Lancar Berkendara Saat Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban bagi umat Islam. Namun, hal itu tidak menghentikan mereka untuk tetap beraktivitas sehari-hari.


Saat berpuasa, kondisi tubuh tentunya tidak sama seperti saat tidak berpuasa, apalagi saat berkendara. Kendala yang sering dialami orang yang berpuasa saat berkendara adalah ngantuk dan lemas. Jika hal ini dibiarkan, maka akan berbahaya.
Agar berkendara tetap aman dan nyaman saat berpuasa, simak tips berikut.
  • Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup dan jangan tidur terlalu larut malam adalah rahasia ampuh agar tidak cepat ngantuk dan lelah di esok harinya. Apalagi, Anda harus bangun untuk sahur dan tetap beraktivitas di pagi hari.
  • Penuhi Asupan Gizi dan Cairan

Saat sahur, perbanyak protein dan cukup minum air putih agar tidak dehidrasi. Demikian halnya saat berbuka, sebaiknya jangan makan berlebihan karena akan menyebabkan kantuk.
  • Kurangi Konsumsi Karbohidrat Tinggi

Kandungan karbohidrat yang berlebihan dalam tubuh akan membuat kondisi tubuh terasa lemah dan menyebabkan kantuk di jalan. Oleh sebab itu, makan nasi secukupnya saat sahur atau berbuka puasa. 
  • Cek Kondisi Motor

Kondisi motor tidak kalah penting dengan kondisi pengendara, lho. Jadi, sebelum berkendara, pastikan kondisi bagian-bagian penting motor, seperti ban, rem, busi, oli, dan sebagainya, berfungsi dengan baik. Bila perlu, servis ke bengkel atau dealer resmi untuk perawatan rutin.

0 komentar:

Posting Komentar