Senin, 22 Agustus 2016

Mana Yang Lebih Nyaman, KTM Duke 200, Honda CB 150, Atau Yamaha Xabre

Bagi para pecinta otomotif, GIIAS sendiri sudah bukan lagi acara asing, salah satu pameran otomotif terakbar di Indonesia tersebut telah di helat. Berbagai merk motor dan mobil berlomba-lomba mempercantik diri untuk menampilkan yang terbaik bagi para calon konsumen mereka, tidak terkecuali dari pabrikan motor asal Austria, yakni KTM. Motor KTM sendiri masih bisa dibilang sebagai pemain baru di pasar motor Indonesia, jadi kita tidak akan terlalu sering melihat motor tersebut di jalanan Indonesia.

                KTM sendiri melakukan diskon Jor-joran di acara GIIAS, yaitu melakukan diskon potongan harga bagi para calon pembeli motor KTM, tidak tanggung-tanggung diskonan motor yang diberikan KTM sampai 20 jutaan, itu adalah harga yang cukup banyak bagi potongan harga motor, contoh salah satu motor yang di korting paling banyak adalah KTM Duke, motor naked bike dengan kapasitas 200cc tersebut di diskon dari harga Rp 52.000.000 menjadi Rp 33.000.000, tentu saja ini menjadi hal yang luar biasa mengingat KTM adalah salah satu motor yang memiliki mesin tangguh di dunia, dan sudah terbukti di lintasan balap Moto3.

                Namun hal yang sangat disayangkan adalah, harga perawatan motor KTM sendiri masih melangit, disebabkan spare parts dan motornya masih dalam bentuk CBU (Completely Built Up), atau bisa dikatakan bahwa KTM masih membuat motor dan parts nya di luar negeri dan dibawa kedalam negeri sehingga harganya menjadi melonjak tinggi. Hal lainnya adalah apabila motor tersebut terjadi kerusakan, bengkel yang menangani nya masih belum banyak, namun hal tersebut ditutupi oleh sistem di beberapa bengkel disebut sebagai jemput, sehingga apabila Brother mengalami kerusakan di jalan, maka akan dijemput oleh pihak bengkel, namun hal tersebut tidak merata di setiap bengkel.

                Saingan KTM sendiri yang paling besar adalah pabrikan raksasa asal Jepang yaitu Yamaha dan Honda. Yamaha dan Honda sendiri tidak lagi mengeluarkan motor dengan kapasitas 200cc, dan hanya ada kelas 150cc, sebut saja Verza, Xabre, CB150, dan Vixion. Walaupun kalah kelas dengan KTM Duke, namun untuk masalah perawatan tentu saja motor Jepang masih dapat ditangani oleh dompet para Brother. Tidak berlebihan kalau disebut bahwa motor KTM sendiri bisa dimiliki oleh para orang yang memiliki dompet lebih tebal.

                Sayangnya diskonan tersebut menjadi disalah mengertikan oleh beberapa calon konsumen, dimana kortingan harga tersebut dianggap sebagai harga sebenarnya. Sayangnya kortingan yang diberlakukan oleh KTM sendiri hanya berlaku di GIIAS, dan setelah event maka harga akan naik kembali menjadi normal. Sehingga membandingkan motor KTM dengan motor Jepang lainnya tidak akan memberikan dampak apa-apa, dikarenakan berbeda bahasan dan juga berbeda kelas.


                Seperti layaknya dibeberapa bahasan, motor Yamaha Xabre sendiri memiliki harga 29 jutaan, dan KTM Duke 200 memiliki harga kortingan 33 juta,yang aslinya harganya adalah 52 juta, Yeep harga KTM sedang diskonan sehingga agak tidak etis membandingkan kedua motor tersebut, dan mengatakan bahwa motor Xabre over price. Sayangnya pengetahuan masyarakat mengenai motor KTM masih agak kurang banyak, jadi menurut Brother sekalian, mending mengambil motor KTM yang sedang kortingan dan memiliki harga perawatan lumayan mahal, atau mengambil motor Jepang yang notabene gampang perawatan dan spareparts dimana mana?

0 komentar:

Posting Komentar